Skill With People

Skill With People
By Les Giblin
Copyright 1995

*******************************

Buku Skill with People membahas tentang hubungan antar individu. Penulisnya, Les Giblin, mengungkap tentang bagaimana berhubungan dengan orang lain dan mengusulkan beberapa pedoman untuk kesuksesan karir, keluarga dan kehidupan sosial. Les giblin memulai pembahasan awal dengan beberapa prosentase pemahaman manusia. Berikut ini salah satunya:

Prosentase Bagaimana kita belajar (dan membeli) :
83 % dengan Penglihatan
11 % dengan Pendengaran
3 ½ % dengan Penciuman
1 ½ % dengan Sentuhan
1 % dengan Rasa

Selain itu, dia memberitahukan trik-trik bagaimana kita harus menggunakan kata-kata “ANDA” dengan benar dalam percakapan kita untuk memperoleh suatu percakapan yang lancar dan hubungan yang baik, bagaimana seseorang begitu menyukai dirinya sendiri sehingga kita perlu memberikan perhatian khusus padanya, dan masih banyak lagi tips-tips khusus yang dia kemukakan.

Buku yang singkat, tipis dan sederhana ini berisi beberapa tips yang sederhana pula, tidak mendalam, tidak terfokus, namun bersifat general. Tidak heran jika dalam buku ini, kita dapat menemukan cara menciptakan kesan pertama dengan baik hingga cara mempengaruhi orang lain. Kelemahan dari buku ini yaitu, semua dibahas dengan begitu singkat sehingga tidak mendalam. Kelebihannya, bahasanya mudah dimengerti dan praktis dibawa ke mana-mana (karena singkat, tipis dan pembahasannya general).

Ada satu kalimat yang saya suka dari buku ini yang seringkali sulit dilakukan namun bila dilakukan akan menimbulkan dampak yang positif:
“Banggalah pada diri anda (tapi tidak sombong), pada siapa anda, apa yang anda lakukan, di mana anda bekerja. Jangan menyesali posisi anda dalam hidup atau diri anda sendiri. Anda adalah anda - jadi kendalikanlah diri anda dengan bangga dan hormat.”

Buku ini cocok bagi mereka yang tidak memiliki cukup banyak waktu untuk mendalami bagaimana menjalin hubungan dan menciptakan kesan baik pada orang lain, karena sifat pembahasannya yang to the point, singkat dan umum. Namun bagi yang suka mendalami ilmu sosial, buku ini dapat dijadikan referensi tambahan bagi informasi yang dimiliki. Semoga buku ini berguna bagi anda!

0 notes:

Blogger Templates by Blog Forum